top of page
  • Gambar penulisGroovy Indonesia

Pengertian Ice Breaking: Tujuan Serta Manfaat

Pekerjaan kantor yang makin menumpuk serta pula sebagian sasaran yang memanglah wajib diselesaikan membuat tiap karyawan tentu merasa jenuh.


Nah, ice breaking adalah satu cara yang dapat dilakukan untuk melenyapkan rasa jenuh serta pula menyegarkan kembali pikiran dan tenaga disela waktu kerja.


Lalu, apa itu ice breaking? Apa saja khasiatnya? Serta apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Ice Breaking? Temukan jawabannya dengan membaca postingan ini hingga selesai


Apa itu Ice Breaking?


Ice Breaking adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan supaya dapat mencairkan suasana yang ada. Istilah ini berasal dari 2 suku kata bahasa inggris, yang memiliki arti pemecah es.


Frasa ini kerap digunakan di dalam sesuatu kegiatan supaya sanggup melenyapkan bermacam kejenuhan yang ada.


Kegiatan ice breaking adalah kegiatan yang dapat dilakukan pada kegiatan seminar, area kantor maupun organisasi.


Kegiatan ice breaking ini sanggup memecah suasana serta kondisi yang mencengkam dan sanggup tingkatkan mutu antar tiap rekan kerja maupun partisipan kegiatan seminar

Pengertian Ice Breaking Tujuan Serta Manfaat

Waktu yang Tepat untuk Ice Breaking


Umumnya, jam kerja kantor akan diawali dari jam 08.00 hingga 17.00. Nah, ice breaking dapat dilakukan di sela - sela waktu makan siang, sekitar jam 12.00 ataupun setelah makan siang berlangsung.


Sebelum karyawan melanjutkan pekerjaannya kembali, kegiatan ice breaking ini dapat dilakukan supaya dapat tingkatkan semangat kerja karyawan kembali.


Manfaat Ice Breaking Di Dalam Kantor


Sebagian manfaat ice breaking adalah sebagai berikut:


  1. Menghasilkan bermacam ide yang lebih kreatif

  2. Meningkatkan serta pula mengoptimalkan performa kerja karyawan

  3. Melatih karyawan supaya dapat melakukan interaksi dengan baik.

  4. Melatih kerja sama tim

  5. Melatih berpikir kritis serta sistematis dalam memecahkan bermacam masalah

  6. Tingkatkan rasa percaya diri

  7. Melatih strategi kerja

  8. Meningkatkan daya konsentrasi

  9. Dan membentuk jiwa pemimpin.


Games Ice Breaking Yang Harus Dicoba


Ada banyak sekali kegiatan ice breaking yang dapat dilakukan di area kerja ataupun di perusahaan.


Kamu dapat mencoba sebagian game simpel serta seru. Nah, sebagian games ice breaking adalah sebagai berikut.


1. Tebak Logo Produk


Tebak gambar dalam game ice breaking adalah game yang bertujuan untuk tingkatkan pengetahuan karyawan terpaut logo produk yang biasanya mereka kenakan ataupun mereka amati.


Cara bermainnya adalah dengan mempersiapkan sebagian logo produk ataupun gambar yang dapat diprint ataupun mencuat pada proyektor. Kemudian, bagikan arahan pada karyawan untuk membentuk satu baris.


Berikutnya, tampilkanlah logo tersebut serta perkenankan karyawan menebaknya sampai benar.


Apabila ada yang sukses menduga gambar dengan rapat, maka orang tersebut dapat dipersilahkan duduk.


Tetapi bila ada yang salah, maka diberi hukuman seperti mencoret wajahnya dengan spidol serta tidak boleh dihapus hingga jam kerja berakhir.


2. Sambung Kata


Game sambung kata ice breaking adalah game yang mengharuskan tiap karyawan membuat kalimat dari kata yang tadinya telah disebutkan pada tiap karyawan.


Untuk cara memainkannya, silahkan kumpulkan semua karyawan dalam satu ruangan ataupun dapat pula dilakukan di tempat kerja mereka. Arahkan satu karyawan kamu untuk mengucapkan satu kata.


Setelah itu, karyawan berikutnya wajib mengatakan tiap kata yang tadinya telah di ucapkan serta berkata satu kata sampai sukses membuat satu kalimat.


Apabila ada yang salah dalam mengatakan kata, maka orang tersebut wajib diberikan hukuman. Game ini akan sanggup melatih daya konsentrasi serta pula daya ingat para karyawan.


3. Games ‘Bos Berkata’


Dalam game ini, tiap karyawan akan dilatih supaya dapat menyimak serta pula berkonsentrasi pada 1 perintah suara saja. Game ini membutuhkan satu orang pemandu yang berfungsi sebagai raja.


Cara bermainnya adalah dengan menunjuk satu orang yang berfungsi menjadi bos kemudian memberikan satu perintah tertentu.


Karyawan akan diminta untuk melakukan perintah dari bos apabila hanya di awal tersebut mempunyai kata bos mengatakan. Contohnya seperti “bos mengatakan pegang kuping” maka karyawan wajib memegang telinganya.


Bila perintah tersebut tidak dimulai dengan kata “Bos mengatakan” maka karyawan tersebut tidak boleh melakukan perintah yang dikatakan bos.


4. Siapa Dia


Game ice breaking adalah game yang akan membuat karyawan tiap rekan kerja lebih memahami antara satu sama lain.


Cara memainkannya adalah dengan mengajak seseorang karyawan untuk memperkenalkan nama serta divisi tempatnya bekerja.


Kemudian, karyawan berikutnya akan diminta untuk mengatakan nama serta divisi karyawan tadinya kemudian disambungkan dengan memperkenalkan nama serta divisinya pula.


Apabila ada salah seseorang karyawan yang tidak sanggup mengatakan nama rekan kerja maupun divisinya, maka ia wajib bertanya pada karyawan tersebut secara langsung.


5. Rumus Benar - Salah


Game ice breaking ini akan lebih mengandalkan satu orang yang berfungsi sebagai pemandu serta akan melatih tingkatan konsentrasi karyawan.


Cara memainkan game ini adalah fokus pada rumus benar - salah. Satu orang yang ditunjuk akan memandu game serta menerangkan game ini. tiap karyawan akan diminta untuk menghadap pada pemandu yang ada di depan.


Bila pemandu tersebut berkata “buka tutup”, maka tiap karyawan wajib menjawabnya dengan kata “buka - buka” mengapa? sebab rumus permaian ini adalah “benar - salah”. Tiap pemandu berhak mengubah rumusnya sesuai kemauan, untuk itu game ini akan melatih konsentrasi karyawan.


6. Berhitung


Game berhitung ice breaking adalah game yang tidak meminta karyawan untuk menyelesaikan soal matematika, tetapi akan meminta karyawan untuk mengubah angka dengan kelipatan 2 menjadi kata door.


Caranya yaitu kumpulkanlah semua karyawan dalam satu karyawan dalam pandu mereka untuk setiap instruksi. Pinta mereka untuk mulai menghitung dari angka 1, tetapi bila ada angka yang memiliki kelipatan 2, maka wajib ditukar dengan “door”.


Contohnya seperti karyawan pertama akan diminta berhitung dari angka satu serta karyawan berikutnya diminta untuk mengucapkan kata “door”, kemudian karyawan berikutnya dapat melanjutkan hitungan. Pemandu dapat dengan bebas mengganti angka kelipatan, seperti 3 ataupun 4.


7. Kata Kunci


Tujuan dari game kata kunci ice breaking adalah untuk menguji tingkatan ketelitian karyawan dengan mencermati cerita dari pihak pemandu serta mencermati kata kunci yang telah disebutkan oleh pemandu.


Cara memainkannya, berikanlah perintah pada satu orang karyawan untuk menghadap ke pemandu yang akan menceritakan.


Tadinya, pemandu wajib memberikan sesuatu kata kunci yang bila disebutkan para karyawan wajib menanggapi “dapat, dapat yes”


Contohnya kata kuncinya adalah “tumbuh”, maka pada tiap kata tersebut diucapkan oleh pemandu, maka tiap karyawan wajib dapat menanggapi kata kunci yang tadinya telah ditunjukan.


8. Mengisi Tic Tac Toe


Game tic tac toe ice breaking adalah game yang dimainkan dalam selembar kertas serta dilakukan oleh 2 orang saja. Tetapi supaya dapat dimainkan dalam ice breaking, maka game ini dapat diganti supaya dapat diiringi oleh banyak orang.


Cara memainkannya adalah dengan membagi 2 kelompok menjadi kelompok X serta kelompok O yang berjumlah 5 sampai 6 orang.


Mintalah satu orang sebagai juru bicara pada tiap kelompok, serta orang tersebut wajib mempersiapkan tabel tic tac toe yang ada di papan tulis ataupun pada sesuatu kertas.


Untuk dapat mengisi tabel ini, maka tiap kelompok wajib menanggapi tiap soal yang diberikan oleh pemandu.


Kelompok yang paling cepat serta sanggup menanggapi dengan benar dipersilahkan untuk mengisi tabel sesuai nama kelompok yang diberikan.


Pemenang dari game ini adalah kelompok yang telah sukses mengisi tabel secara horizontal, diagonal, maupun vertikal.


9. Ucapkan Objek


Game ucapkan objek ini adalah game yang mengharuskan tiap pesertanya untuk menyebut sesuatu objek yang telah ditentukan.


Cara memainkannya adalah dengan mengumpulkan semua karyawan terlebih dulu. Setelah itu, para pemandu akan mengatakan suatu objek yang berikutnya para karyawan wajib dapat mengatakan komponen yang ada di dalam objek tersebut.


Contohnya pemandu mengatakan objek hewan, maka tiap karyawan wajib mengatakan nama - nama hewan, seperti kelinci, kucing, jerapah, singa, dll.


Tiap karyawan wajib mengatakan nama objek sesuai dengan huruf akhir yang disebutkan oleh karyawan tadinya.


Contohnya karyawan pertama menyebut hewan kucing, maka orang berikutnya wajib menyebut nama hewan yang dimulai dengan huruf Gram, seperti Gajah.


Waktu yang diberikan untuk mengucapkan objek tersebut wajib singkat, seperti 5 ataupun 10 detik.


10. Bercermin


Game ice breaking berkaca adalah game yang akan mengantarkan pesan yang di informasikan dari pergerakan yang nantinya akan dilakukan.


Cara memainkannya adalah dengan membuat 2 kelompok menjadi kelompok bayangan serta kelompok objek yang di dalamnya berisi 3 hingga 5 orang.


Tunjuklah satu orang pada tiap kelompok untuk menjadi bayangan serta pula objek kaca. Nantinya, pemandu wajib memberikan suatu pesan yang berisi sesuatu kegiatan tiap hari.


Misalnnya, pemandu akan memberikan pesan “minum kopi panas”, nah kelompok objek wajib dapat melakukan gerakan seperti orang yang lagi minum secangkir kopi panas lengkap dengan ekspresinya.


Perwakilan dari kelompok bayangan wajib sanggup mengikuti gerakan pihak kelompok objek serta pula wajib menanggapi pesan yang saat itu lagi dilakukan dari kelompok bayangan


Penutup


Demikianlah uraian lengkap dari kami tentang ice breaking. Jadi, ice breaking adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan supaya dapat mencairkan suasana yang ada serta biasanya dilakukan di kegiatan seminar, area kantor maupun organisasi.


Dengan melakukan kegiatan ini, maka tiap karyawan tidak akan merasa jenuh serta dapat lebih semangat dalam melakukan tugasnya. Sehingga, tingkatan produktivitas mereka akan bertambah serta memberikan keuntungan yang maksimal untuk perusahaan.

527 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page